mercy band - sisan timpal

Kamis, 29 November 2012

Seting Sokbraker Depan Untuk Road Race Ala M.Fadli

 Muhammad Fadli atau akrab disapa M. Fadli mau berbagi cara seting sok buat pacuan balap nih. Juara Nasional Supersport 2011 itu berbaik hati buat sharing agar sok depan pacuan tak mantul-mantul atau malah ambles ketika dipakai buat hard braking.

“Ini untuk kepentingan balap. Bisa diterapkan di semua motor kok. Kecuali Vespa dan Supersport ya. Pasti caranya beda,” bilang racer tim Kawasaki yang awali karirnya dari balap Vespa itu. He..he.. he... Ya iyalah, Teng! Kalau sobat mau ikuti langkah yang diberikan, yuk ikuti penjelasannya perbagian.

1. Ambil contoh buat di Yamaha Mio, yuk. Misalnya buat di matic race! Pertama, buka dulu baut pemegang as sok depan yang ada di segitiga bawah. Bisa dimulai dari sisi kiri atau kanan, sama saja.

Buka empat baut pemegang sok pakai kunci 14 mm. Baiknya pakai kunci ring atau sok. Ini demi menjaga agar baut tidak mudah slek atau aus. Jika sudah, lepaskan baut penutup sok di bagian atas pakai kunci L 10. Setelah itu, keluarkan per dari as sok dan tuangkan oli ke wadah penampung.

2. Setelah per dan oli sok dikeluarkan, bersihkan lebih dulu per pakai bensin. Jadi, nantinya, per tinggal tinggal dipasang ketika semua proses dilakukan. Kini, sobat butuh bantuan kunci tambahan buat melepas suling. Ada dua kunci yang kudu digunakan.

Yaitu, kunci L ukuran 8 untuk dipakai membuka baut bagian bawah. Kunci L ini dimasukkan melalui bagian bawah tabung sok. Kunci yang lain, alat khusus buat menahan baut suling sok agar tidak ikut memutar ketika baut coba dibuka dari bagian bawah.

Tools ini menggunakan baut 10 mm yang dilas ke besi panjang sekitar 40 – 50 cm. Nantinya, alat ini dimasukan dari dalam bagian tabung sok. Ketika baut atau kunci L diputar, alat ini akan menahan putaran suling.

3. Jika suling sok sudah terlepas, kini tutup lubang yang ada disuling lewat metode las. Setelah tertutup, bor lagi diposisi yang sama pakai mata bor ukuran 3 mm. “Kalau lubang aslinya lebih besar. Dibuat kecil, agar ada rebound atau tendangan balik yang tercipta,” kata racer pemilik nomor start 162 itu.

Menurutnya karena lubang suling asli besar, maka ini yang membuat mantul-mantul. Dikecilkan, balik sok jadi sedikit lebih lambat. “Nantinya sok akan sedikit lebih keras. Tapi, memang itu yang dibutuhkan ketika motor dipakai balap. Terutama ketika late braking. Motor balap, suspensinya pasti lebih keras,” tambahnya. Banyaknya lubang tetap disamakan seperti banyaknya lubang suling. Artinya, jika memang ada 4 lubang, maka ya tetap pakai 4 lubang juga.

4. Usai memodifikasi lubang di suling, kini kembali pasang suling besi yang bukan alat musik tiup itu di sok. Cara pasangnya kebalikan dari membuka. Lalu, masukan per seperti posisi awal. Kini, isi tabung sok pakai oli.

“Untuk oli sok, bisa manfaatkan oli samping motor 2-tak yang dicampur pakai oli mesin. Perbandingannya 50 : 50. Volume yang dipakai untuk tiap tabung, 60 ml,” saran M Fadli.

Kombinasi oli suspensi ini sengaja dilakukan untuk mencari oli yang lebih kental dari standar. Jadi, sok juga akan lebih keras meredam dan pantulan baliknya.

Rabu, 28 November 2012

5
Alhamdulillah,
yang penting happy
Ditengah ramai nya order kiriman mesin maupun kerjaan modif motor menumpuk di bengkel, kita masih diberi kesempata bersilaturahmi kembali dan berbagi ilmu. Setelah cobaan yang mengganggu konsentrasi, ketika putri tersayang yang masih berusia bulanan jatuh sakit terkena flu singapur dan harus rawat inap. Apapun itu kami selalu coba mensyukuri nikmat dan hidup pemberian Allah, cukup Allah bagiku penolong  dan ia lah sebaik-baik penolong dikala kita kesusahan. Hehehe… cukup ah curhatnya.
Meili : rawat inap di ruma sakit
Kali ini adalah korekan mesin yamaha yang notabene memang difavoritkan untuk dimodifikasi. Untuk korek harian mudah kencang, untuk balap diapun fleksibel di semua kelas, mulai dari cc kecil hingga bore up gila-gilaan.
Sebenarnya dalam mengorek motor – semua ilmu sudah tersedia, toh kita juga menyediakan buku rahasia korek mesin 4 tak – 2tak yang bisa dipesan, hanya saja skill (kemampuan) masing-masing orang berbeda, antara pemula seperti kita – dengan para profesional yang dikontrak tim pabrikan sehingga kesehariannya fokus riset pada 1 merk mesin. Kemudian peralatan pendukung, seperti bor tuner , alat gerinda noken as, mesin bubut, maupun alat canggih seperti flow bench yang kehadirannya sebenarnya wajib bagi para pecinta modifikasi mesin. Terakhir adalah setting, biaya termahal adalah riset setting, beruntung bila kita memiliki joki yang memiliki feeling tajam sehingga bisa memberikan masukan berharga, tidak hanya bilang “motornya kurang kencang”, kurang kencang  bagaimana, dari apanya, sukur-sukur jika pembalap sedikit banyak mengetahui mesin – toh  tidak ada ruginya meniru kesuksesan eko kodox pun kini memiliki bengkel dan tim balap sendiri. Mekanik profesional ataupun engine builder yang tidak ingin ketergantungan kepada feeling joki, tak segan menginvestasi ratusan juta rupiah untuk membeli dynotest engine, gunanya? mengukur kemampuan tenaga dan torsi mesin yang mereka buat. Dari keluaran kurva bisa diturunkan analisa kekurangan mesin.
Semangat motto hidup
Sampai disini gentar ? Hahaha… tidak bagi RAT motors sidoarjo. Meski bengkel kecil, kita tetap semangat!! Beruntung ada boss dari ANCULSPEED Motor , Jember, yang mau riset bersama – berinvestasi dana belasan juta rupiah untuk belajar. Buku adalah sebagai pegangan dasar, praktikum hingga shubuh adalah perjuangan sesungguhnya. Toh kita juga ingin menciptakan motor sekencang milik tim MBKW2 korekan mas Mlentis, yang di gas oleh Hendra Kecil.
Siapa lagi yang lebih handal jika bukan mekanik road race dalam mengorek mesin yamaha 115 cc hingga 125cc, Karena memang makanan sehari-hari mereka. Jangan putus asa, karena sebenarnya mesin 4 tak tak ubahnya seperti mesin pompa, makin banyak udara-bahan bakar yang masuk ke silinder , makin besar potensi tenaga. Dan karena kita hidup di dunia teknik, maka semua yang dibuat ini bisa dihitung maupun diukur.
Mencontoh dari yang sudah ada , kita mencari info hingga ketemu link di otomotifnet , ternyata tidak ada sedikitpun info dapur pacunya. Hanya ada kompresi, balancer, rasio dan suspensi harga 14jtan, wow? Mesin balap kita harganya kalah dengan suspensi hahaha… Oke lah, kita mulai dari situ saja…
Jebol itu biasa – Bangkit lagi
Berawal dari penggunaan piston forged merk Daytona, diameter 55,25, kruk as standar yupiter, ditemukan isi silinder 129cc. Dari diameter piston , bisa kita hitung seberapa besar kebutuhan diameter klep, kita gunakan rumusan 50 % dari diameter piston untuk klep masuk, ketemu pembulatan 28mm, katup buang 24mm diambil 85% diameter klep masuk.
Baru dilakukan porting cylinder head, dengan rumusan gas speed kita ketemu kebutuhan untuk tenaga puncak di 12.000 RPM diameter porting kudu sebesar 26 mm, itu untuk gas speed 100 m/s. Saat diukur menggunakan Flowbench , didapat hampir 28cfm. Untuk porting buang langsung dituner sebesar 100% diameter klep, yaitu 24mm.
Catatan perjalanan seting – kekurangan – solusi untuk esok hari
Kelar melakukan porting, langkah selanjutnya adalah menata kompresi, coba kita ikuti mengejar 13,8 : 1, dome piston ditemukan setinggi 5 milimeter wow!! Itupun masih dibarengi dengan pangkasan cylinder head 1 milimeter, kubah model bulat telur , hampir tanpa squish. Mungkin karena kita menerapkan deck clearances sedalam 0,8mm, belum termasuk paking head 0,3mm. Mengingat pernah kita press clearances hingga 0,4mm tanpa memakai paking head, mesin jebol, karena memang pembalap yang kita pakai masih pemula, bukan pembalap profesional yang menahun naikin motor balap. Pada dasarnya riset motor balap itu memang harus berani sabar dan rela, tidak cukup hanya sabar, karena kita harus keluar banyak biaya – baik itu riset, maupun latihan, setting, daftar balap, tapi kalau kita hobby , harusnya kita menjalaninya dengan sukacita :D assyiiikkk…
noken as cnc pencetak juara
noken as cnc pencetak juara
Kompresi ditemukan , baru meracik noken as, menggunakan cam mobil, diracik derajatnya hingga ketemu lift 9 milimeter. Detailnya bisa dilihat di foto hehehe… Tantangan nya adalah menemukan buka tutup yang pas, LC yang setimbang, hingga menentukan LSA kompresi dinamis yang pas! Lift tinggi , profil gemuk, tak akan bekerja jika tidak diimbangi rubahan derajat klep sesuai, serta pir klep diorder khusus tanpa merk.  Bahan seating dan bushing klep dibuat dari besi cor, hancuran liner diesel.
hasil penataan dengan dayel RAT
Knalpot kita pesankan khusus dari pabrikan R9 dibantu oleh BRT, cdi super imax 24 step dipatok kurva tertinggi 37 derajat di 9500 rpm, terendah 34 derajat di 13000 rpm. Karburator mengandalkan pwk untuk karakter gas lembut, disokong pilot jet 55 / main jet 110. Entah kenapa belum bisa sama dengan karakter karburator milik mas mlentis yang bisa ketemu basah, di pj 65/ mj 118. Mungkin masih berbeda di korekan cylinder head dan desain dum pistonnya. Hehehe… Lau pake jetting segitu motornya susah langsam, joki pemula jadi agak bingung cari rpm start nya.
Setting! Gas Gas Gas
Racikan rasio adalah menyesuaikan joki, kita pakai 13/36 , 16/29, 21/28, 26/23 final gir masih ketemu 14 primer , 35 sekunder. Suspensi cuma mengandalkan standard bawaan crypton bisa, karena motornya memang gak liar sama sekali hahaha… menyedihkan. Ketika diukur di atas meja dynotest, tenaganya mendekati 20 DK, dengan torsi setara vixion standard, sujud syukur kami panjatkan, ga mengira juga bisa segitu. Kurang 3 DK lagi untuk menyamai kemampuan tenaga mesin pabrikan. Mungkin bisa dikejar dari desain kubah baru, porting, cam dan desain piston. Ya, istilahnya kalau ingin signifikan fokusnya di dapur pacu.
Meski timer terbaik masih di 8,7 detik , namun bersyukur karena yang naikin joki pemula. Toh saat kampas selip kemaren dan power drop di mojosari , mesin masih bisa kompetitif. Yang penting ::
dynotesting room
TETAP SEHAT! TETAP SEMANGAT! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI
RAT MOTORSPORT : RAYA BYPASS JUANDA NO.1 : SIDOARJO : 085645577007 : pin bbm : 28a08677
Mesin balap modern memiliki semakin banyak part yang mampu di SETING dan ditata konfigurasinya, oleh karena itu ketika berbicara tentang seting : bukan hanya setelan klep , spuyer ( pilot jet . main jet ) , final gir … hmmm kuno. Kita semakin dituntut untuk pandai menentukan ukuran diameter piston, panjang stroke, lingkaran daun kruk as, panjang stang piston, desain klep, porting, karburator, dll.  Dan part apa yang ber-efek paling banyak, mari kita pelajari bersama…
Salah satu peningkat tenaga utama adalah “Kompresi” , dan piston adalah salah satu part penyebab timbulnya kompresi. Dari beberapa part mesin , desain noken as, porting, piston, klep adalah yang peling seringkali dibahas. Namun desain di balik noken as sebaiknya memang kita serahkan pada ahlinya, jangan coba-coba pada yang 1 ini karena bisa berimbas fatal : sementara geometri klep juga cukup rumit dalam efeknya terhadap airflow, maka paling tidak kita bisa memahami desain piston tanpa perlu kuliah teknik mesin. Cukup baca di web R.A.T, disediakan segudang jawaban atas segala pertanyaan di angan :)
Mengukur dengan teliti gap ring piston
Bukan lantas menggampangkan proses pemilihan piston yang tepat, memang harus ditentukan oleh mekanik profesional, bukan sang pemilik motor. Namun, sedikit pengetahuan bisa menjaga kita supaya tidak dibodohi, atau bisa jadi kita dapat menyarankan mekanik kita. Karena ketika kita ingin membangun modifikasi mesin motor kita, pilihan ada di tangan kita. Bukan lagi di tangan dealer motor hehehe… Merdeka!
Pilihan harus dipertimbangkan oleh beberapa faktor :
  • Nomor 1 bahan yang digunakan untuk memproduksi piston. Keawetan adalah pilihan utama. Piston yang dilapisi silicon akhir-akhir ini juga sudah banyak diaplikasi untuk korek harian. Misal pemilik honda supra, bisa mengadopsi piston karisma, atau untuk pemilik yamaha jupiter z , bisa mengadopsi piston kawasaki zx. Dengan dimensi lebih besar dan desain lebih bagus, pastinya dapat meningkatkan lebih banyak tenaga.
  • Berat piston, bisa diperingan dengan berbagai cara. Pembubutan ekor piston, mengebor dinding piston, men-tuning balik dinding piston, dll. Apapun itu, pemakaian piston ringan mampu mendongkrak di putaran atas. Semakin sedikit beban putar menjadikan akselerasi lebh cepat merespon.
  • Besaran pin piston dan panjangnya juga pengaruh, seandainya kita bisa memasang piston dengan pin lebih kecil, tentu lebih bagus.
  • Modifikasi relief (coakan) pada permukaan piston untuk menerima lift klep tinggi harus didesain hati-hati dan presisi menjaga agar mesin tidak mudah jebol.
RING PISTON
Tujuan utama dari set paket ring piston adalah untuk men-Stabilkan piston bergerak dalam silinder, melumasi piston dan pin, menahan oli di crankcase, serta mengatur kompresi di ruang bakar. Yang terbaik, sekecil dan setipis mungkin yang bisa diperoleh. Trik yang bagus, sayangnya ada imbas nya pula. Ring semakin dekat dengan panas, sehingga perlu gap ring piston yang lebih lebar atau ring yang lebih tipis. Permukaan lebih tipis membantu mengurangi koefisien gesekan terhadap dinding liner. Mengetahui maximum RPM juga penting. Memacu pada rpm tinggi menjadi faktor dalam pemilihan dimana kualitas ring seher mampu mengurangi gejala ring piston flutter.
Modifikasi piston
Modifikasi Gas Ports
Lihat pada piston, perhatikan lubang kecil yang dibor diatas alur ring kompresi top. Gas port ini ditambahkan untuk memberi lebih banyak tekanan pada ring piston ke dinding mencegah kebocoran. Tambahannya, jika memakai ring piston lebih ringan dan tipis maka bisa mengurangi gesekan saat langkah usaha, buang dan hisap, namun sangat bertenaga saat menahan kompresi.
Mendesain dome piston untuk seting kompresi juga bisa dipelajari di :  Men-seting kompresi dengan dome piston.
Menentukan relief coakan pada piston bisa menggunakan alat mudah seperti pada web : Menentukan kedalaman coakan piston
Piston Racing
Racing piston datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta desain yang kamu butuhkan untuk aplikasi tertentu, akan menghasilkan tenaga dan rpm yang berbeda, nikmatilah pengalaman-pengalaman riset yang menghabiskan banyak piston. :) Kenapa mesin balap mahal? Jawabannya : Saat ini semua engineer hampir memiliki ilmu dan kemampuan yang sama, mesin juga memiliki kualitas yang hampir setara, jika kita tidak berani untuk riset dan mencoba hal baru, untuk menjadi yang terbaik.
Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, oleh karenanya apapun itu selama buatan manusia pastinya jauh dari kata sempurna. Maka saat memodifikasi mesin, dengan menghitung segala sesuatunya semoga bisa meminimalisir resiko kegagalan. Dan seandainya sudah ketemu kencang lantas jebol, bisa kita buatkan lagi pada ukuran sebelumnya.
Tetap Sehat – Tetap Semangat :: Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari
RAT MOTORSPORT
RAYA BYPASS JUANDA No 1
SIDOARJO – JAWA TIMUR
0856 455 77 007
bbm pin : 28a08677
Berpikir besar dan bekerja keras untuk menentukan terget secara pasti adalah sikap mental sejati yang harus diterapkan dalam apapun hidup kita. Tak terkecuali dalam modifikasi mesin, terlebih lagi utamanya untuk balap. Dengan penentuan target yang jelas, kita kemudian mampu menyusun langkah-langkah untuk mewujudkannya.
Seringkali saya menuliskan modifikasi sederhana, murah-meriah, dengan metode ubahan tak jauh beda dari basic standard. Mungkin memang itulah pilihan cara termudah , termurah dan kebanyakan orang mampu meraihnya, namun itu tidak akan menolongmu untuk maju meninggalkan jauh yang lainnya, karena merekapun sama-sama berada di jalur lambat.
Bagaimana bila mulai saat ini dan kedepan, kami menantang kalian untuk berpikir besar, bercita-cita besar tentang modifikasi kalian… bosan lah berpikir, bagaimana agar mesin bisa awet 500 RPM lagi, apa efeknya menambah 5 cc dalam silinder, menambah lift 0,5 milimeter, komponen yang lebih ringan 10 %, bagaimana menambah 2 Horsepower. . .
Membengkakkan kapasitas mesin (1)
Jika tidak ada aturan yang membatasi kapasitas mesinmu, MAJULAH! Bangunlah mesin dengan kapasitas terbesar di dunia balapmu! Jika perlu tambahlah ekstra sebuah mesin lagi, jika kamu mau hehehe… ^_^
Aliran Udara raksasa (2)
Motor kamu pakai karburator pe 28mm, klep honda sonic, yeah, siapa yang peduli, semua juga sama pakainya! Mengapa tidak tampil beda, pe 32  milimeter! Klep Mobil! Patoklah targetmu setinggi langit, yang tak pernah terfikir oleh orang lain sebelumnya, dan kamu akan menjadi bintang.
RPM yang merobek telinga (3)
Rumusan, HP = RPM x Torque / 5252. Seharusnya mampu memberikan gambaran, semakin tinggi RPM, semakin besar pula potensi angka tenaga mampu diraih. Yang kamu butuhkan adalah kemampuan memasukkan bahan bakar ke mesin pada RPM tinggi.
Kompresi yang meledakkan paking (4)
Setiap penambahan kapasitas mesin, akan menuju pada peningkatan kompresi, namun ketahuilah batasannya. Disini kita akan dengan senang hati membantu mendesain ulang Dome (jenong) piston yang secara sempurna menyesuaikan kubah ruang bakar sehingga mampu menghasilkan ledakan besar.
Pir Klep Terbaik (5)
Untuk harian menggunakan pir klep sonic, dari beberapa tahun kebelakang semua barang itu sudah terpakai, bagaimana bila memulai abad baru di 2011 dengan memakai pir klep swedia, atau bahkan pir klep jepang untuk harian. Anggap saja itu pir klep biasa, bila sudah banyak yang memakai pasti harganya akan turun sendiri… hehehe.. Esensi penggunaan pir klep terbaik adalah, kita mampu mendesain noken as istimewa, baik durasi, lift dan lsa nya. Siapa menyangka bahwa mesin bebek sanggup mampu menggapai lift 9 milimeter, tinggal beberapa langkah lagi mencapai ke idealan pemikiran Graham Bell… dan itu tidak akan terwujud dengan pir klep standard, payah…
Turbo dan NOS? ( 6 )
Pengembangan mesin Turbo dan Nos! Dan kamu akan mencetak sebuah foto sampul terdepan web kita dan terpampang sepanjang masa, dan tak terbayangkan betapa banyak reporter mencari kamu untuk mengisi Head Line mereka!
Untuk memutuskan apakah kalian sudah berpikir besar bagi dunia yang kamu tekuni, tanyakanlah…
- Pernahkah itu dilakukan sebelumnya,
- Mungkinkah dilakukan?
- Akankah orang berpikir aku gila?
Jika seluruh jawabanya adalah IYA! Maka lakukanlah… cukup bosan lah dengan pertanyaan mas berapa habisnya jika bikin mx seperti yang itu, kalau punya saya digituin kaya yang di artikel itu habis berapa ya… kalau jupiter pake seker kaze aman gak, kalau noken as nya beli jadi merk apa ya, enaknya pake brt hyperband atau rextor programable bla bla bla…  ke depan kami menunggu tantangan, mas buatkan saya megapro yang melebihi headline mas tentang megaproholic 200cc, jika perlu megapro 250 cc dengan pengapian rextor prodrag dan karbu pe32mm dan jadikan saya bintang! Itu lebih terdengar mantap!!!
Oke, kalian tahu bahwa RAT akan semakin GILA tahun- demi tahun, dan saudara-saudaraku pecinta motor, pecinta dunia modifikasi mesin, para pecinta balap yang ingin lebih profesional , tetap lah berpikir besar dan ingatlah… bahwa kita yang akan memajukan teknologi mesin INDONESIA, jika kita mampu menghentikan impor fil Holywood, kita juga mampu berhenti membanggakan produk racing part luar negeri di dalam mesin kita, memalukan uang kita beterbangan ke mereka, sementara di negeri ini tak kurang-kurangnya potensi mekanik yang ada!!!
Apa yang kita lakukan dalam kehidupan, akan bergema selamanya!!
Tetap Sehat – Tetap Semangat! Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!

RAT MOTORSPORT INDONESIA

Raya Bypass Juanda no. 1

Sidoarjo

085645577007

be our friend @ facebook : Swega RAT , Kicky RAT, Wawan RAT

Alhamdulillah ,
Maha besar ALLAH yang maha pemurah – lagi maha pemberi rizqy. Tiada daya kekuatan kita manusia melainkan kebesaran dan pertolongan ALLAH. Manusia hanya boleh berusaha sekuat tenaga, hasilnya… kita cukup berserah kepada sang raja manusia.